AdvertorialDaerah

Gandeng DLH, Desa Wiritasi Gelar Sosialisasi Pemilahan dan Pembentukan Bank Sampah

BATULICIN – Menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu (DLH Tanbu). Pemerintah Desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir menggelar sosialisasi tata cara pemilahan sampah sekaligus pembentukan Bank Sampah unit Desa. Sosialisasi bertempat di Kantor Desa Wiritasi, Selasa (13/8/2024).

Kepala Desa Wiritasi, Abdul Razak mengatakan kegiatan kali ini bertujuan memberikan edukasi kepada warga. Terkait betapa pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan melalui upaya pengurangan sampah.

Mengingat lokasi wilayah Desa Wiritasi terletak di sepanjang pesisir pantai Pagatan.

Menurut Kepala Desa Wiritasi, jika kegiatan pemilahan sampah ini di lakukan konsisten, maka akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar.

Yaitu, perubahan perilaku masyarakat yang akan lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan.

Selain itu, juga meminimalisir pembuangan sampah sembarangan termasuk di area pesisir pantai. Sekaligus menjadi sirkular ekonomi bagi masyarakat dari hasil penjualan sampah terpilahnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengatakan Desa Wiritasi juga mempunyai Bank Sampah unit desa.

Lokasi Bank Sampah Unit Desa Wiritasi “Peduli Pesisir” terletak di RT 04 yang di kelola oleh ibu-ibu Kader PKK dan Posyandu desa.


Sementara itu, Kepala DLH Tanbu Rahmat Prapto Udoyo melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti. Menambahkan dengan makin bertambahnya animo masyarakat dalam hal pengurangan sampah dengan pembentukan BSU skala desa. Yang di koordinir oleh Pemerintah Desa dan di bawah monitoring Kecamatan serta pembinaan dari DLH. Di harapkan dapat meningkatkan capaian target pengurangan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu. Sebagaimana rutin di input dan di evaluasi oleh KLHK pada Sistem Informasi pengelolaan sampah nasional (SIPSN). Serta menjadi salah satu aspek penting pada penilaian ADIPURA.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Pengendali Dampak Lingkungan Bidang PSLB3 DLH Tanbu Sukmaraga. Pengelola BSU Hijau Berseri DLH Tanbu sekaligus Penyuluh Pengelolaan Sampah Lalu Padlun. Pengeloa Bank Sampah Induk (BSI) Bang Julpikar’s Bambang Susilo.

Keberadaan pihak narasumber dari BSI dan BSU tersebut, kata Indah Maya Suryani, selain mengarahkan tentang teknis pengelolaan sampah pada bank sampah unit desa. Sekaligus melihat potensi jenis sampah terpilah yang ada di desa tersebut. Sehingga BSI Bang Julipikar’s di harapkan nantinya dapat menjadi salah satu hilir bagi produk hasil pilahan BSU Desa Wiritasi.

Hadir pada kegiatan sosialisasi yaitu Camat Kusan Hilir, Kepala Desa Wiritasi, Aparat Desa, Ibu-ibu Kader PKK, Kader Posyandu, dan masyarakat setempat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button